Friday, April 5, 2013

TUGAS MK ETIKA DAN NILAI LINGKUNGAN
“JEJAK EKOLOGI”





Oleh :
Wardiyah          ( 12.131.011.0033)
Email : wardiyah_194@yahoo.co.id 

Dosen  : Prof. Supli Effendi Rahim, PhD, M.Sc


PROGRAM PASCA SARJANA STIK BINA HUSADA PALEMBANG
PEMINATAN KESEHATAN REPRODUKSI
TAHUN 2013


JEJAK EKOLOGI – ECOLOGICAL FOOTPRINT


1.      PENDAHULUAN
Jejak ekologis atau ecological footprint adalah sistem yang mengukur seberapa banyak ruang (di darat dan air) yang diperlukan manusia untuk menghasilkan sumber daya yang mereka butuhkan dan menyerap limbah yang mereka hasilkan. Kalkulasi jejak ekologis dilakukan dengan menghitung berapa hektar ruang hidup (darat dan air) di bumi yang dibutuhkan oleh seorang manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya dalam setahun.

Istilah Ecological Footprint (jejak ekologi) memang tidaklah sepopuler istilah konservasi. Sebagai sebuah metodologi, Ecological Footprint diperkenalkan oleh para pencinta lingkungan sebagai upaya meyakinkan masyarakat luas atas dampak gaya hidup manusia dalam mempengaruhi dan mereduksi langsung kemampuan bumi dalam menyediakan sumber daya alam, baik di darat maupun laut, yang mempunyai ekosistem produktif terhadap alam dan mengkomunikasikannya secara kuantitatif dalam bentuk yang dipahami.

Setiap manusia yang hidup di muka bumi ini memiliki ‘jatah’ terhadap sumber daya yang ada yang dapat diperhitungkan baik secara global maupun individual. Perhitungan ini menggunakan satuan yang dikonversi ke ukuran luas, global hektar/gha atau hektar/ha. Setiap angka yang dihasilkan dari perhitungan ini khas untuk masing-masing individu. Ukuran ‘kaki’ yang digunakan dianggap ukuran kaki kita. Dalam memperhitungkan jejak ekologi, dipakai prinsip jumlah sumber daya global yang tersedia dibagi dengan jumlah seluruh populasi di dunia.

Berdasarkan hasil perhitungan jejak ekologi secara global, pada tahun 1992 jatah untuk 1 (satu) orang individu adalah 2,23 ha, sedangkan sebelumnya yaitu tahun 2008 hanya 1,8 ha. Penghitungan jejak ekologi ini dapat dilakukan pada perorangan, kantor/lembaga, kota/wilayah administrasi, negara bahkan lainnya misalnya kampus, keluarga, RT dan dunia. Cara memperhitungkannya terbilang cukup  mudah, dengan menguraikan apa yang setiap harinya dilalui dan dilakukan oleh individu sendiri. Penghitungan ini bisa dilakukan melalui online internet pada situs : http://footprint.wwf.org.uk atau http://carbonfootprint.com/calculator.aspx  serta beberapa situs lain dengan kata kunci ecological footprint.

Metode ini mempermudah kita melihat hubungan sebab akibat dari tindakan atau gaya hidup manusia terhadap kemampuan bumi dalam menopang kebutuhannya di dunia ini secara kuantitatif. Sehingga kita dapat mengetahui seberapa boros, seberapa banyak kita menghasilkan limbah dan seberapa berbahaya limbah yang kita hasilkan, hingga menyangkut penjumlahan total lahan yang diperlukan untuk menyediakan makanan, perumahan, transportasi, bahan-bahan konsumsi yang lain, serta pelayanan yang kita gunakan. Namun tidak semua lahan bisa berfungsi untuk menunjang kehidupan kita secara berkelanjutan. Oleh karena itu Jejak Ekologi hanya mengukur lahan yang mampu berproduksi dan mengelola limbah secara alami, atau yang disebut lahan produktif biologis.

Laporan Living Planet Report 2012 menunjukkan kecenderungan yang mengkhawatirkan: peningkatan jejak ekologis yang terus berlanjut. Data terbaru pada 2008 menunjukkan jejak ekologis yang ditinggalkan manusia telah melebihi kapasitas biologis bumi, dimana bumi hanya mampu memproduksi sumber daya terbarukan dan menyerap CO2 sebesar 50 persen dari yang dibutuhkan dunia saat ini.

Jejak ekologis penduduk dunia telah melampaui kemampuan planet Bumi memperbaiki diri secara alami (biokapasitas) sebesar 50 persen. Artinya dibutuhkan 1.5 tahun bagi bumi untuk memproduksi sumberdaya yang dikonsumsi oleh manusia dalam 1 tahun. Jejak ekologis setiap orang tidak selalu sama, juga terdapat perbedaan besar antara tiap-tiap negara, khususnya jika terdapat perbedaan pada tingkat perekonomian dan pembangunannya. LPR 2012 menunjukkan bahwa negara berpendapatan tinggi memiliki jejak ekologis rata- rata tiga kali lipat dari negara berpendapatan menengah dan rata-rata lima kali lipat dibandingkan negara berpendapatan rendah.

Sepuluh negara yang paling boros atau mempunyai jejak ekologis terbesar per orang dalam menggunakan sumber daya buminya adalah: Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab, Denmark, Amerika Serikat, Belgia, Australia, Kanada, Belkita dan Irlandia. Meningkatnya perekonomian negara-negara BRIICS (Brazil, Rusia, India, Indonesia, Cina dan Afrika Selatan) telah menaikkan jejak ekologis per kapita sebesar 65 persen sejak tahun 1961. Negara-negara ini berkembang lebih cepat sehingga paling banyak menghadapi tantangan untuk membangun secara berkeberlanjutan.

Populasi dunia telah bertambah lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1950 dan diperkiraan akan mencapai 9,3 milyar pada tahun 2050. Naiknya jumlah penduduk ini, jika dibarengi dengan meningkatnya konsumsi, akan berdampak pada keanekaragaman hayati dan jejak ekologis kita. Urbanisasi merupakan faktor kunci penyumbang meningkatnya konsumsi. Pertumbuhan populasi dan meningkatnya konsumsi berpotensi mendorong lonjakan jejak ekologis dunia. Penduduk di negara berpenghasilan rendah memiliki proporsi jejak ekologis yang jauh lebih besar untuk kategori pangan dibandingkan kategori lainnya. Di Brazil, India dan Indonesia, pangan berkontribusi lebih dari 50 persen dari total footprint yang dihasilkan dari rumah tangga.

Secara keseluruhan, jejak ekologis manusia telah menjadi dua kali lipat sejak tahun 1966. Membutuhkan setidaknya 1,5 tahun bagi planet bumi untuk meregenerasi sumberdaya terbarukan yang dapat dimanfaatkan manusia, serta menyerap karbon yang dihasilkannya dalam jangka waktu yang sama. Keterlampauan Ekologis atau yang dikenal dengan istilah “ecological overshoot” ini secara umum disebabkan oleh emisi karbon dan permintaan akan bahan pangan, namun ketersediaan lahan dan pengalokasiannya bisa dipastikan akan segera menjadi isu utama.

Kuis ini didasarkan pada rata-rata konsumsi nasional dan dimaksudkan untuk memberikan gambaran relatif jejak ekologi kita kepada orang lain di negara kita tinggal masuk Meskipun kuis ini tidak cukup fleksibel untuk account untuk semua gaya hidup mungkin dan keadaan, 21 pertanyaan memberikan perkiraan yang masuk akal bagi kebanyakan orang. Kuis ini juga memberikan Kita gambaran tentang jejak ekologi relatif terhadap jejak berkelanjutan, yang hanya membawa biologi Bumi kapasitas dinyatakan dalam hektar global atau global yang hektar dibagi dengan penduduknya. Perhitungan terbaru jejak global menunjukkan tingkat jejak berkelanjutan menjadi 15,71 hektar global atau 43 hektar global.

Metode jejak masih berkembang. Sebagai contoh, praktisi jejak masih bekerja untuk mengisi kesenjangan dalam kemampuan mereka untuk memperhitungkan polusi dan pengelolaan sumber daya berkelanjutan dan sampai mereka lakukan, ada kemungkinan bahwa account jejak meremehkan tuntutan pada alam. Perhitungan jejak yang paling akurat dan komprehensif adalah nilai jejak nasional mulai dari konsumsi dan arus perdagangan yang terbaik didokumentasikan di tingkat nasional dan karena metode jejak nasional akuntansi telah melalui proses peer review akademik. Kuis ini menghitung jejak pribadi berdasarkan data dari neraca nasional, sehingga seakurat mungkin dapat mengingat keadaan saat dilakukan.

             Ada beberapa bagian dari jejak Anda yang bukan akibat langsung dari kebiasaan konsumsi Anda. Misalnya, setiap penduduk kota adalah "bertanggung jawab" untuk sebagian infrastruktur kota, seperti jalan, sekolah, dan kantor pemerintah, terlepas dari apakah penduduk menggunakan layanan tersebut. Selain itu, beberapa pilihan yang bisa membuat jejak kita lebih kecil tidak tersedia untuk kita sebagai akibat dari pilihan pada bagian dari pengambil keputusan lokal, seperti transportasi umum handal dan efisien sebagai alternatif untuk mengemudi. Oleh karena itu, jalur penting untuk mengurangi jejak adalah untuk mengadvokasi keputusan yang lebih berkelanjutan di semua tingkat pemerintahan. Ini akan membuat lebih mudah bagi kita dan banyak orang lain untuk mengurangi jejak ekologi.

Dalam konteks kuis, jejak karbon responden bervariasi sehubungan dengan zona iklim, rumah ukuran, energi rumah menggunakan profil, pilihan transportasi pribadi, rumah fitur hemat energi dan kebiasaan, lokasi rumah, dan partisipasi dalam karbon offset program. Dengan demikian, mereka yang tinggal di iklim yang lebih ringan dibandingkan dengan rata-rata nasional, bergantung pada campuran bersih dari sumber energi rumah, drive kurang, memiliki rumah hemat energi, tinggal di daerah kepadatan tinggi perkotaan, dan offset pembelian memiliki jejak karbon yang lebih rendah

Jejak makanan adalah jumlah lahan pertanian, padang rumput, dan perikanan laut yang mendukung konsumsi makanan tahunan ditambah tanah dan wilayah laut yang diperlukan untuk menyerap emisi karbon yang terkait dengan produksi pangan, pengolahan, dan transportasi. Untuk masing-masing negara, per kapita lahan pertanian, padang rumput, dan perikanan laut jejak kaki yang diambil dari neraca nasional. Untuk hal ini, kuis menambah porsi rata-rata per kapita jejak karbon di suatu negara terkait dengan produksi pangan, pengolahan, dan transportasi. Kuis kemudian membuat serangkaian penambahan atau pengurangan terhadap jejak berdasarkan pilihan pengunjung.

            Kuis bervariasi jejak makanan pengunjung sehubungan dengan pilihan belanja diet dan makanan. Kuis ini juga memperhitungkan apakah pengunjung memiliki taman karena taman meningkatkan kapasitas biologis. Mereka yang makan rendah pada rantai makanan, toko sering di pasar petani atau toko makanan alami, pilih makanan bersertifikat organik ketika mereka bisa, makan makanan besar sedikit, dan memelihara taman untuk sayuran dan rempah-rempah memiliki nilai yang lebih rendah.
            Jejak perumahan meliputi wilayah spasial lahan diambil oleh unit perumahan tertentu, daerah hutan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk-produk kayu yang digunakan dalam konstruksi dan perabotan, daerah lahan pertanian terlantar akibat konsumsi air rumah tangga, dan tanah dan wilayah laut yang dibutuhkan untuk menyerap emisi karbon yang terkait dengan pembangunan perumahan dan pemeliharaan.
Per kapita jejak perumahan awal untuk negara tertentu didasarkan pada pangsa jejak hutan yang terkait dengan pembangunan perumahan dan perabot, bagian dari jejak ruang yang dibangun yang terkait dengan struktur perumahan, konsumsi air per kapita, dan porsi rata-rata per jejak karbon kapita terkait dengan pembangunan dan pemeliharaan rumah. Hutan dan jejak kaki ruang yang dibangun diambil dari neraca nasional. Per kapita penggunaan air diambil dari FAO statistik. Kuis kemudian membuat serangkaian penambahan atau pengurangan terhadap jejak berdasarkan pilihan pengunjung.

          Kuis bervariasi jejak perumahan pengunjung sehubungan dengan jenis hunian, jumlah dan jenis tanah yang didudukinya, pilihan home furnishing, penggabungan elemen desain hijau, penggunaan fitur hemat air, dan pilihan produk pembersih. Jejak kaki perumahan terendah untuk tempat tinggal perkotaan yang lebih kecil dibangun sesuai dengan teknik green building dengan sedikit tanah dan diisi dengan perabotan yang disertifikasi sebagai berkelanjutan diproduksi. Jejak kaki Perumahan juga dikurangi untuk tempat tinggal dengan berbagai fitur hemat air dan jika penghuni mengandalkan produk pembersih biodegradable.

          Barang dan jasa meliputi jejak jumlah tanah dan wilayah laut yang diperlukan untuk menyerap emisi karbon yang terkait dengan manufaktur, transportasi, dan pembuangan barang, luas lahan yang digunakan untuk kegiatan komersial, dan kawasan hutan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk pulp dan kertas. Barang-barang kapita per awal dan jejak layanan untuk negara tertentu didasarkan pada barang dan jasa share dari hutan, ruang dibangun, dan jejak karbon. Bagian jejak hutan merupakan bagian dari jejak hutan per kapita suatu negara terkait dengan konsumsi produk kertas. Bagian ruang yang dibangun merupakan bagian dari jejak ruang per kapita dibangun suatu negara terkait dengan kegiatan komersial. Bagian jejak karbon merupakan bagian dari jejak karbon per kapita suatu negara terkait dengan manufaktur dan transportasi barang dan pembuangan limbah.

          Variasi barang pengunjung dan jejak layanan tergantung dengan penghasilan pengunjung relatif terhadap rata-rata negara, kebiasaan belanja, pembuangan limbah dan perilaku daur ulang, dan pilihan pakaian dan produk kertas. Jika penghasilan pengunjung kurang dari rata-rata negara, implikasinya adalah barang dan jasa kurang begitu nya jejak kurang. Selain itu, mereka yang cenderung untuk menyimpan sebagian dari pendapatan mereka daripada menghabiskan semua, yang konservatif dengan mengganti barang, yang menghasilkan sampah kurang, mendaur ulang lebih, dan membuat pakaian lebih ekologis teliti dan pilihan kertas produk memiliki footprint yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya.

          Pada akhir kuis, pengunjung diberitahu berapa banyak planet kita butuhkan jika kebiasaan konsumsi mereka diperpanjang untuk semua orang di planet ini. Jumlah planet hanyalah jejak pengunjung dibagi dengan jejak berkelanjutan 15.71 hektar global (43 hektar global) diperkirakan oleh kalkulator jejak global terbaru RP itu. Jika jumlah planet kurang dari satu, ini menunjukkan bahwa pengunjung yang menjalani gaya hidup yang berkelanjutan karena dalam kapasitas biologis Bumi yang kita tinggali. Jika jumlah planet yang lebih dari satu, ini menunjukkan bahwa pengunjung hidup gaya hidup berkelanjutan yang akan membutuhkan kapasitas biologis lebih dari satu bumi kita dapat berkelanjutan dari waktu ke waktu.
.
2. MENGHITUNG JEJAK EKOLOGI

Dengan memanfaatkan situs : www.myfootprint.org berikut ini akan diuraikan langkah-langkah perhitungan jejak ekologi sehingga menghasilkan angka yang menjadi tolok ukur sebagai mahluk hidup untuk memperbaiki pola hidup yang kurang baik selama ini.

Dalam situs tersebut didapati 27 pertanyaan yang harus dijawab satu persatu dan menghasilkan informasi yang diolah oleh sistem software, yang pada akhirnya menghasilkan angka jejak ekologi individu.

Pertanyaan-pertanyaan pada perhitungan ini, antara lain :


1.      Di negara mana kamu tinggal ? Jawab : Indonesia

2.      Apa sistem pengukuran yang ingin digunakan ? Jawab : meter

3.      Berapa banyak orang yang tinggal serumah denganmu ? Jawab : 4 orang

4.      Berapa pendapatan tahunan dalam rumah tangga ? Jawab : 30.000 s/d 59.000 USD,

Setelah pertanyaan ke 4 ini, dilanjutkan dengan memberikan informasi alamat email, yaitu : wardiyah_194@yahoo.co.id

Sekarang, akan dimulai perhitungan jejak karbon kita. Jejak karbon adalah daerah yang diperlukan untuk menyerap emisi karbon yang dihasilkan oleh kita dari rumah, penggunaan energi dan transportasi.

5.      Apa yang paling menggambarkan zona iklim tempat tinggal kita? Jika kita tidak yakin, iklim dominan untuk negara kita sudah dipilih : Jawab : Topikal dan basah termasuk hutan hujan (seperti Rio de Jenero atau Manila)

6.      Berapa ukuran rumah kita ? Jawab : 100-150 meter persegi (rumah kecil dan sekitar 2-3 kamar tidur


7.      Apa sumber energi yang kita gunakan dirumah kita? Silahkan cek semua yang ada :
-          Listrik
-          Gas alam, propana atau bahan bakar gas cair
-          Minyak pemanas

8.      Jika rumah kita menggunakan listrik, berapa persen yang dihasilkan PLTA terbarukan, angin, bio massa atau sumber matahari ? Nilai awal adalah negara atau rata-rata regional. Jawab : 0%

9.      Masukkan jumlah kilometer kita berpergian pertahun untuk setiap moda transportasi:
-          Automobil : 20 km x 12 bln = 240 km
-          Bus : (100 km x 20 hari) x 12 bln = 480.000 km
-          Kereta api : 0 km
-          Perjalanan Udara : 500 km x 2 kali = 1.000 km
Kendaraan apa yang paling sering kita kendarai atau naiki : Jawab : sebuah mobil besar termasuk van dan minivans
Apakah kita biasanya berbagi tempat dengan setidaknya satu orang lain : Jawab : Ya
Sampai pertanyaan nomor 9, jejak ekologis saya : 25,31 gha dan rata-rata negara 2,6 gha.
10.  Dibawah ini adalah daftar fitur hemat energi dan kebiasaan hemat energi. Silahkan cek semua yang berlaku :
-          Lampu neon kompak
-          Peralatan hemat energi
-          Perlengkapan hemat air
Kebiasaan hemat energi :
-          Mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan
-          Menggunakan stries listrik untuk mematikan lampu
-          Mematikan komputer dan monitor saat tidak digunakan
-          Mengeringkan pakaian diluar bila memungkinkan
-          Menjaga thermostat relatif rendah dimusim dingin
-          Mencabut peralatan kecil saat tidak digunakan
-          Penggunaan listrik minimal saat lanskape

11.  Apa yang paling menggambarkan dimana rumah kita berada ? Jawab : Dalam kota

12.  Apakah kita membeli offset emisi karbon yang terkait dengan penggunaan energi di rumah dan transport kita ? Jawab : Tidak

Sampai pertanyaan ke 12 ini, nilai jejak karbon adalah 20,36 gha dengan rata-rata negara 2,60 gha

Selanjutnya, kami memperkirakan jejak makanan Kita. Jejak makanan Kita mencakup area yang diperlukan untuk tumbuh tanaman, ikan, dan menggembalakan ternak dan menyerap emisi karbon dari pengolahan makanan dan transportasi

13.  Apa yang paling menggambarkan diet Kita? Jawab : Omnivora, bermacam-macam daging, susu makanan laut, sayuran dan biji-bijian

14.  Di mana Kita mendapatkan sebagian besar makanan Kita? Jawab : Pasar tradisional


15.  Seberapa sering Kita memilih makanan yang disertifikasi organik atau diproduksi secara berkelanjutan? Jawab : Kadang-kadang

16.  Yang mana merupakan pilihan terbaik menggambarkan berapa banyak Kita biasanya makan? Jawab : Dua porsi besar makanan dan dua atau tiga kali atau makanan ringan menengah per hari


17.  Apakah Kita memiliki suatu taman atau halaman untuk menanam sayuran dan rempah-rempah sendiri ? Jawab : Tidak

Sampai pertanyaan ke 17 nilai ekologis saya 3,46 gha dengan rata-rata negara 3,76 gha

Langkah selanjutnya adalah jejak perumahan Kita. Kita perumahan tapak
termasuk area yang digunakan oleh rumah Kita dan daerah diperlukan untuk memasok sumber daya yang digunakan dalam pemeliharaan konstruksi dan rumah tangga

18.  Yang paling menggambarkan rumah Kita? Jawab : Rumah keluarga yang berdiri sendiri

Berapakah luas perkiraan lahan yang ditempati oleh rumah Kita, struktur, dan halaman? Jika Kita tinggal di sebuah peternakan, perkebunan atau peternakan, jangan menghitung lahan penggembalaan, lahan pertanian, atau wildlands? Jawab :
170 meter persegi

19.  Apakah rumah Kita atau bagian dari itu dibangun dengan bahan daur ulang, kayu bersertifikat lestari dipanen, atau fitur desain hijau lainnya? Jawab :  Tidak

20.  Kira-kira apa yang pangsa perabot rumah Kita adalah tangan kedua atau terbuat dari bahan daur ulang atau baik diproduksi secara berkelanjutan? Jawab : Beberapa

21.  Adakah fitur hemat air dan kebiasaan yang Kita miliki di rumah Kita? Silakan cek semua yang berlaku :
-          toilet aliran rendah
-          shower dan kran aliran rendah

-          Kebiasaan menghemat air :
-     meminimalkan waktu mandi dan toilet pembilasan
-          jarang mencuci mobil jarang
-          mencari dan memperbaiki kebocoran dengan teratur
-          menghindari selang bawah deck, jalan setapak, jalan masuk

22.  Seberapa sering Kita pilih produk pembersih yang biodegradable atau non-beracun? Jawab : Kadang-kadang

Sampai dengan pertanyaan  nomor 22 nilai ekologi saya menurun menjadi :      0,86 gha dan rata-rata negara : 0,97 gha

Terakhir, kami memperkirakan barang dan jejak jasa , yang meliputi area yang diperlukan untuk memasok barang-barang konsumen yang Kita beli dan menyerap emisi karbon dari manufaktur mereka, transportasi, dan pembuangan.

23.  Apa yang paling menggambarkan pengeluaran dan kebiasaan menabung? Jawab : Beberapa item saya gunakan selama bertahun-tahun, yang lain saya ganti sebelum saya perlu

24.  Seberapa sering Kita membeli hal-hal baru untuk menggantikan yang lama? Jawab : Beberapa item saya gunakan selama bertahun-tahun, yang lain saya ganti sebelum saya perlu


25.  Berapa banyak sampah ukuran stkitar sampah rumah tangga Kita tidak mengisi setiap minggu? Jawab : Satu atau dua kali

26.  Berapa proporsi limbah berikut  yang Kita  daur ulang? Jawab : kertas beberapa kali


27.  Ketika Kita membeli produk pakaian atau kertas, seberapa sering Kita memilih item dicap sebagai daur ulang, alami, organik, atau dibuat dari serat alternatif seperti rami atau Tencel? Jawab : Kadang-kadang



Sampai dengan  pertanyaan nomor 27, : 2,07 gha dengan rata-rata negara 1,74 gha

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, jejak ekologi saya adalah 1,72 bumi, dengan kata lain, jika orang lain mempunyai gaya hidup seperti saya maka akan dibutuhkan 1,72 buah bumi, dengan perincian seperti pada tabel dibawah ini :

My Footprint in Global Hectares by Consumption Category

Category
My footprint
Country Average
Carbon Footprint
20,4
2,6
Food Footprint
3,5
3,8
Husing Footprint
0,9
1,0
Goods and Services Footprint
2,3
1,7
Total
26,94

3.      MENGURANGI JEJAK EKOLOGI
          Ada banyak cara sederhana untuk mengurangi jejak di planet ini. Perlu pemahaman cara untuk mengurangi jejak kita di setiap kategori konsumsi-karbon, pangan, perumahan, dan barang-barang dan jasa-tetapi tidak berhenti di situ. Lalu berupaya untuk mendorong orang lain untuk mengikuti langkah kita.

I.                   MENGURANGI JEJAK KARBON
1.      Gunakan transportasi yang bersih
ü  Berjalan, sepeda, atau mengambil angkutan umum bila memungkinkan
ü  Hindari membiarkan mobil hidup. Jika akan menunggu selama lebih dari 30 detik, matikan mesin (kecuali lalu lintas). Dan jangan mengambil drive-through-parkir mobil dan berjalan sebagai gantinya.
ü  Servis kendaraan secara teratur untuk menjaga kontrol emisi sistem operasi pada efisiensi puncak. Periksa saringan udara mobil secara bulanan, dan menjaga ban cukup meningkat untuk memaksimalkan gas
ü  Hindari perjalanan singkat dengan pesawat, gunakan perjalanan-naik bus atau kereta api sebagai gantinya.

2.      Gunakan peralatan hemat energi dirumah
ü  Instal lampu neon kompak di semua lampu rumah tapi ingat, compact fluorescent mengandung merkuri, cari model yang rendah merkuri dan pastikan untuk membuang lampu lama dengan aman melalui program pengelolaan limbah berbahaya.
ü  Gunakan Weatherproof. Pastikan  dinding dan langit-langit yang terisolasi, dan mempertimbangkan ganda-panel jendela. Hilangkan draf dengan mendempul, strip cuaca, dan jendela badai dan pintu.
ü  Melindungi pemanas air. Bahkan lebih baik, beralih ke pemanas air tankless, sehingga air Anda akan dipanaskan hanya saat Anda menggunakannya
ü  Pilih peralatan efisien energi.

3.      Kebiasaan menghemat energi
ü  Hindari termostat relatif rendah di musim dingin dan pada AC di musim panas. Bersihkan atau ganti filter AC kotor seperti yang direkomendasikan untuk menjaga A / C beroperasi dengan efisien
ü  Cabut elektronik jika tidak digunakan. Untuk mempermudah, gunakan strip. Bahkan ketika dimatikan, barang-barang seperti televisi, komputer, dan pengisi daya ponsel.
ü  Keringkan pakaian  di luar rumah bila memungkinkan
ü  Manfaatkan dengan minimal peralatan listrik saat istirahat
ü  Defrost kulkas dan freezer secara teratur.
ü  Pilih listrik alami. Banyak pilihan untuk membeli listrik yang dihasilkan oleh angin dan tenaga surya untuk biaya tambahan kecil.
ü  Membeli offset karbon untuk penggunaan energi yang tidak bisa dihindari.

II.                MENGURANGI JEJAK MAKANAN
ü  Makan lebih banyak makanan lokal, organik, dan makanan  musiman
ü  Bercocok tanam, jika tidak mendapatkan makanan lokal
ü  Berbelanja di pasar petani lokal atau pasar tradisional. Carilah makanan lokal, di musim makanan yang tidak jauh dari tempat anda
ü  Pilih makanan dengan kemasan ringan untuk mengurangi limbah
ü  Makan lebih sedikit dan jika daging untuk hanya satu kali makan dalam seminggu. Secara global, telah diperkirakan bahwa 18% dari seluruh emisi gas rumah kaca berhubungan dengan konsumsi daging.


III.             MENGURANGI JEJAK PERUMAHAN
1.      Pilih bahan bangunan, perabotan dan produk pembersih daur ulang
ü  Jelajahi fitur desain alami untuk bangunan rumah, seperti pemanasan surya pasif, daerah resapan air hujan atau sistem daur ulang air , dan bahan daur ulang
ü  Pilih peralatan efisien, termasuk shower aliran rendah, kran, dan toilet.
ü  Pilihlah perabot yang bekas, daur ulang, atau diproduksi secara berkelanjutan.
ü  Tanaman  yang menggunakan sedikit air di kebun dan halaman.
ü  Gunakan biodegradable,dan pembersih tidak beracun.

2.      Kebiasaan hemat air
ü  Tidak terlalu sering mandi tidak hanya menghemat air, tetapi energi yang diperlukan untuk pemanasannya.
ü  Jangan gunakan pembuangan sampah. Jadikan kompos sebagai gantinya.
ü  Jalankan mesin cuci piring dan mesin cuci hanya ketika sibuk
ü  Jarangkan mencuci mobil, atau lebih baik lagi, membawa ke carwash Carwashes komersial menggunakan lebih sedikit air setiap mencuci dibandingkan mencuci di rumah, dan juga diharuskan untuk mengalirkan air yang digunakan ke dalam sistem pembuangan limbah, daripada saluran  yang melindungi kehidupan air.
ü  Hindari selang bawah  jalan setapak, atau jalan masuk.
ü  Secara teratur mencari dan memperbaiki kebocoran.

IV.             MENGURANGI JEJAK  BARANG DAN JASA
ü  Beli sedikit saja. Ganti barang hanya jika benar-benar perlu.
ü  Mendaur ulang semua kertas, kaca, aluminium, dan plastik. Jangan lupa elektronik.
ü  Jadikan kompos limbah makanan untuk taman. Sampah yang tidak terkontaminasi dengan terdegradasi (biologi) sampah dapat lebih mudah didaur ulang dan diurutkan, dan tidak menghasilkan gas metana (kontributor gas rumah kaca yang signifikan) bila disimpan di tempat pembuangan sampah
ü  Membeli produk daur ulang, terutama yang berlabel "pasca-konsumen limbah."


4.      PENUTUP

Kejadian bencana ekologi yang melanda kita telah menjadikan meningkatnya anggaran belanja negara dan anggaran belanja rakyat. Nilai yang tidak sebanding dengan sebuah pendapatan negara yang didapat dari upaya eksploitasi yang berkontribusi pada bencana ekologi. Negari ini akan segera menuju kebangkrutan bila defisit ekologi tidak tertangani dengan segera.

Greenpeace baru saja mendaftarkan Indonesia agar diakui sebagai pemegang rekor dunia dalam percepatan pengurangan luasan hutan. Bila Departemen Kehutanan melaporkan telah terjadi kehilangan hutan 3,8 juta hektar setiap tahunnya pada tahun 2000 hingga tahun 2003, maka bisa jadi saat ini kehilangan hutan setiap tahunnya semakin berkurang, yaitu berkisar 2,9 – 3,1 juta hektar setiap tahun, namun bukan berarti luasan hutan yang tersisa masih akan mampu mendukung kehidupan manusia di dalam dan sekitarnya.

Di wilayah perairan (danau, sungai dan lautan), semakin meningkatnya limbah-limbah industri telah memicu semakin berkurangnya ikan dan biota perairan lainnya yang selama ini menunjang kehidupan manusia. Air asam tambang beserta dengan cairan kimia yang dipergunakan dalam proses pertambangan, perkebunan besar dan hutan tanaman industri telah pula menambah ketidaknyamanan ikan untuk tetap bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Ditambah dengan industri bubur kertas dan kertas, beserta industri pengolahan lainnya, yang belum memiliki unit pengolahan limbah yang baik, semakin memperparah kondisi ekosistem perairan.

Sementara itu, pada lahan produktif pertanian, perkebunan rakyat dan perikanan, luasan lahannya semakin menyempit akibat penguasaan tunggal oleh kelompok pemodal atas nama proses pembangunan. Baik untuk kepentingan perumahan mewah, pertambangan, perkebunan besar, kehutanan maupun kepentingan wisata. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan sebagian besar sumber pangan harus dipenuhi dari wilayah lain, termasuk dengan melakukan impor.

Di sisi pengguna, semakin tingginya konsumsi dari manusia diakibatkan terjangan kepentingan industri, dimana setiap melangkahkan kaki tak akan mampu lagi melepaskan diri dari iklan dan advertising yang membujuk untuk terus melakukan konsumsi secara berlebih. Gaya hidup manusia digiring ke arah konsumerisme. Semakin banyak pula penggunakan produk yang tidak diperlukan, yang pada akhirnya meningkatkan jumlah barang yang tak tergunakan (sampah).

Lebih parah lagi, sistem yang dibangun dalam proses pembangunan juga tak pernah memperhatikan efisiensi dan efektifitas. Misal saja teknologi nir-kertas hingga saat ini masih harus kalah bersaing dengan penggunaan sistem kerja yang menggunakan banyak kertas. Mulai dari selembar kertas disposisi (rujukan) hingga mekanisme perijinan yang menghabiskan berjuta ton kertas setiap tahunnya, yang akan berimbas pada semakin meningkatnya penebangan pepohonan di kawasan hutan.

Penggiringan gaya hidup lainnya adalah dengan menghilangkan transportasi publik massal dan memberikan ruang yang luas kepada publik untuk memperoleh kendaraan pribadi secara mudah, walau menjadi tak murah. Perusahaan penyedia alat transportasi berbahan bakar sangat difasilitasi untuk bisa hadir di negeri ini, sementara alat transportasi publik massal tidak pernah disiapkan untuk menjadi lebih baik. Selain meningkatkan kebutuhan akan bahan pembuat alat transportasi, kondisi ini juga mengakibatkan meningkatnya kebutuhan bahan bakar fosil.

Ketika tak ada lagi air bersih, ikan di sungai, padi di sawah, hingga tak ada lagi buah-buahan di pepohonan, mungkin baru akan menyadarkan penghuni bumi saat ini untuk tidak berbuat yang merugikan bagi alam. Bahkan pelayan publik (pemerintah) mungkin belum juga akan tersadarkan, hingga tidak ada lagi rakyat yang akan dilayaninya karena kelaparan, keracunan dan bencana ekologi.

Bila tidak dilakukan upaya perbaikan dalam memanfaatkan aset alam saat ini, maka bisa jadi penghancuran kehidupan akan terjadi lebih cepat dari yang terbayangkan. Perlombaan untuk bertahan hidup akan terjadi. Persengketaan antar bukan lagi masalah kebanggaan semata, namun hanya demi memperebutkan setetes air bersih untuk diminum, sebutir beras untuk ditanak ataupun demi selembar tissue untuk menyeka keringat.

Etika kehidupan harus kembali dikedepankan dalam ruang bijak terhadap alam. Agar kemudian alam tak lagi memusuhi kehidupan manusia. Agar alam mampu menyediakan kebutuhan seluruh manusia. Juga bagi alam agar mampu terus beregenerasi dengan lebih baik.

Pemerintah sebagai pelayan publik harus mampu menterjemahkan etika kehidupan dalam ruang hukum dan kebijakan yang berpihak pada keadilan ekologi. Tidak lagi menghadirkan hukum dan kebijakan yang berpihak pada sekelompok kepentingan (rakus) yang tak akan pernah puas dengan dua buah bukit emas yang telah dimilikinya. Saatnya melakukan transformasi kehidupan dengan belajar pada alam dan berbagi pada sesama.





No comments:

Post a Comment